Sabtu, 08 Oktober 2011

Tugas Mata Kuliah SIM Pendidikan "Sukses Air Asia"
By; Puji Harti

Perusahaan penerbangan Air Asia merupakan perusahaan penerbangan yang telah memanfaatkan kemajuan IT dalam operasional perusaan terutama pada pelayanan ticketing reservation.  Dengan sangat mudahnya calon passenger mengadakan ticketing reservation, tanpa dibatasi jarak dan waktu, cukup dengan mengakses via internet, tanpa harus datang dan banyar langsung cukup dengan mengetik nomor rekening yang masih aktif, dan tiket dapat langsung di print dengan HVS tanpa menggunakan form tiket yang dicetak sedemikian rupa. 
Dengan memanfaatkan kemajuan IT semua pekerjaan jadi sangat efisien.  Namun disisi lain sebenarnya ada berapa banyak tenaga kerja yang tidak kebagian job alias tidak tertampung di DUDI, kasian ya.  Dibandingkan dengan ticketing reservation secara konvensional, perusahaan penerbangan butuh tenaga yang melayani telepon walau mungkin hanya menanyakan time scadule, tenaga yang melayani calon passenger yang datang mungkin hanya untuk minta harga promosi.
Dengan demikian bagi perusahaan yang menerapkan sistem ticketing seperti Air Asia sangat menguntungkan karena akan dapat menghemat biaya operasional, tenaga dan waktu, namun bagi tenaga kerja kasian deh, banyak tenaga kerja yang tidak dapat diserap di DUDI.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar